Jumat Terakhir Jelang Puncak Haji, Jemaah Diimbau Shalat di Masjid Sekitar Hotel

Jumat Terakhir Jelang Puncak Haji – Lima hari jelang masa puncak haji yang juga dikenal dengan masa Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina), seluruh penjuru Kota Makkah mulai padat oleh jemaah haji, termasuk Masjidil Haram.

Masjidil Haram kemungkinan akan mengalami puncak kepadatan pada Jumat, 23 Juni 2023 ini. Karenanya, demi menjaga keselamatan dan keamanan, mengimbau jemaah haji sebaiknya tidak ke Masjidil Haram untuk salat Jumat.

” Bertepatan dengan hari Jumat dan Masjidil Haram akan sangat padat. Demi menjaga keselamatan dan keamanan jemaah haji, kami mengimbau alangkah baiknya kalau jemaah manfaatkan masjid-masjid sekitar area perhotelan atau hotel menyelenggarakan Jumatan,” papar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid.

Menurut Subhan, pada Jumat, semua angkutan transportasi tidak akan beroperasi pada pukul 9 pagi. Kemudian, baru beroperasi kembali seusai salat Jumat.

Di sisi lain, bus-bus juga sudah mulai ditarik untuk persiapan angkutan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina).

Dampaknya, jemaah haji akan kesulitan mendapatkan bus untuk kembali ke hotel.

“Kalau tetap akan Jumatan di Masjidil Haram, siap-siap pulang naik taksi,” kata Subhan.

Subhan juga menginformasikan, bus-bus shalawat akan sepenuhnya berhenti beroperasi pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Bus shalawat merupakan transportasi yang disediakan PPIH untuk mengantar jemaah haji dari pemondokan sampai ke Masjidil Haram pergi pulang.

Bus shalawat baru akan kembali beroperasi seusai puncak haji, yakni mulai 14 Zulhijjah 1444H.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Konsultasi langsung
Konsultasi Langsung
Assalaamu'alaikum
Terimakasih telah Mengunjungi qifaya.id
SIlahkan Konsultasikan Rencana Perjalanan Anda Kepada Kami