Lima Aplikasi Yang Wajib Di Install Bila Ingin Umrah dan Wisata ke Arab Saudi

Lima aplikasi yang wajib di install bila ingin umrah dan wisata ke Arab Saudi. Sejak beberapa tahun terakhir, Kerajaan Arab Saudi gencar melakukan transformasi digital di berbagai sektor, khususnya sektor pariwisata dalam rangka menghadirkan kemudahan bagi para pelancong yang datang, tak terkecuali mereka yang datang untuk beribadah haji atau umrah.

Dilansir dari Gulf News, ada lima aplikasi yang wajib di install bila ingin umrah dan wisata ke Arab Saudi. Apa saja itu?

1. Visit Saudi

Melalui aplikasi ini pengunjung dapat menjelajahi sejumlah tujuan wisata populer yang ada di Arab Saudi. Aplikasi ini diluncurkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi yang di dalamnya menyediakan berbagai panduan bagi wisatawan.

Pengunjung yang memiliki aplikasi ini, juga dapat mengetahui persyaratan visa, pememesanan paket tur, dan melihat aktivitas serta acara terbaru yang diselenggarakan oleh Kerajaan.

Visit Saudi juga menyertakan peta interaktif yang membantu pengunjung mencari akomodasi, museum, acara, restoran, taman, dan landmark bersejarah di kota-kota besar di Arab Saudi.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Apple iOS Store atau Google Play Store.

2. Absher

Cara termudah untuk mengakses layanan pemerintah Saudi yang paling umum digunakan adalah melalui aplikasi seluler Absher, yang dapat di download aplikasi Apple, Android, dan Huawei.

Aplikasi Absher dikembangkan dan dioperasikan oleh Kementerian Dalam Negeri (MOI) Arab Saudi. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa layanan pemerintah, termasuk aplikasi dan perpanjangan visa, sengketa pelanggaran lalu lintas serta untuk mendapatkan sertifikat izin polisi.

Aplikasi ini tidak hanya dikhususkan untuk warga negara dan penduduk Saudi saja, tetapi juga warga negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC), dan para pengunjung yang memegang visa turis yang sah.

Melalui aplikasi ini, pengunjung dapat menemukan nomor paspor mereka, yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) Saudi untuk setiap pemegang paspor yang masuk dengan visa baru ke Arab Saudi.

Pengunjung juga dapat mengetahui denda lalu lintas melalui nomor yang terdaftar pada kendaraan Anda, jika Anda berencana mengemudi saat berada di Arab Saudi.

3. Nusuk

Jika mengunjungi Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umrah, memiliki aplikasi Nusuk di ponsel sangat diperlukan. Pasalnya, ini adalah platform resmi untuk reservasi dan pemesanan perjalanan umrah di Makkah dan Madinah.

Melalui aplikasi ini, para jemaah dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengatur seluruh perjalanan umrah mereka, mulai dari mengajukan permohonan e-Visa hingga memesan hotel dan penerbangan. Aplikasi ini juga menyediakan panduan terkait ritual ibadah umrah bagi jemaah.

Sementara pada pelaksanaan haji musim ini yang diperkirakan akan dimulai sekitar 26 Juni, Nusuk juga telah meluncurkan platform terpisah – hajj.nusuk.sa/, yang khusus untuk pemesanan dan pengelolaan haji bagi para jemaah dari Eropa, Australia, serta Amerika Utara dan Selatan.

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Apple, Android dan Huawei.

4. Aplikasi ‘Riyadh Bus’

Bersamaan dengan diluncurkannya layanan bus baru di Riyadh pada 19 Maret lalu oleh Royal Commission of Riyadh City, sekaligus diluncurkan juga aplikasi seluler baru untuk transportasi umum yaitu, ‘riyadh bus’.

Aplikasi ini tersedia di perangkat Apple dan Android yang memungkinkan penumpang bus umum bisa membeli tiket, membeli kartu bus, serta mendapatkan jadwal dan rute bus.

5. Aplikasi Najm

Jika saat berkunjung ke Arab Saudi mengalami kecelakaan, aplikasi ‘Najm’ memungkinkan pengemudi melaporkan kecelakaan lalu lintas dan mempercepat proses klaim asuransi.

Aplikasi ini bisa mendeteksi lokasi kecelakaan dan memberi tahu agen Najm terdekat untuk menyelidiki kecelakaan tersebut.

‘Najm’ adalah penyedia asuransi yang dioperasikan oleh Saudi Central Bank (SAMA) dan Departemen Lalu Lintas Umum MOI. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Apple dan Android.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Konsultasi langsung
Konsultasi Langsung
Assalaamu'alaikum
Terimakasih telah Mengunjungi qifaya.id
SIlahkan Konsultasikan Rencana Perjalanan Anda Kepada Kami