Persiapan Menjelang Puncak Haji 2023

Tenda Mina

Persiapan Menjelang Puncak Haji 2023 – Sekitar 400 lebih Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau disingkat dengan (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah melaksanakan pemetaan atau mapping wilayah Mina pada Selasa, 20 Juni 2023. Kepala Bidang Perlindungan Jemaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Harun Ar Rasyid mengatakan, para petugas tersebut bakal ditempatkan di 10 pos pemantauan jemaah di Mina. “Satgas Mina domain rekan-rekan yang ada Daker Madinah,” ujar Harun dalam apel pengarahan pemetaan di lokasi maktab-maktab jemaah haji Mina.

Mina merupakan lokasi jemaah haji melakukan dua wajib haji, yaitu mabit (bermalam) dan melempar jumrah. Di Mina, sebanyak 229.000 jemaah Indonesia menempati 70 maktab atau gugusan tenda-tenda jemaah. Kegiatan jemaah haji di Mina ialah titik paling kritis dalam prosesi ibadah haji. Pasalnya, jemaah harus berjalan kaki dari tenda ke tempat melempar jumrah. Jaraknya bervariasi tergantung lokasi maktab, paling dekat sekitar 3 kilometer atau 6 kilometer pulang pergi.

Jemaah haji Indonesia yang menempati maktab terjauh harus menempuh jarak hingga 7 km sekali jalan alias 14 km dengan perjalanan pulang.

Persiapan Menjelang Puncak Haji 2023 – Oleh karena itu, jemaah sangat rawan mengalami kelelahan. Jemaah juga mudah tersasar. Untuk itu, ia meminta jemaah agar ketika akan melempar jumrah tidak menyimpang dari rute yang sudah ada. “Ada jalur-jalur lewat bawah, memang lebih dekat, tapi itu tidak aman. Lebih baik di rute utama supaya tidak tercecer (tersasar),” kata Harun. Rute utama melalui terowongan yang lengkap dengan travelator untuk membantu menghemat energi ketika berjalan kaki menuju lokasi melempar jumrah. Mengingat cukup jauhnya perjalanan dari tenda ke lokasi melempar jumrah, para jemaah lanjut usia (lansia) mendapatkan himbauan untuk tetap berada di tenda. Cukup jemaah lain yang mewakili untuk ibadah tersebut. Di sisi lain, jemaah mendapat himbauan untuk bersabar mengantre menggunakan toilet karena jumlahnya yang minim. Pada setiap maktab ada 40 toilet. Dengan 70 maktab dan 229.000 jemaah Indonesia, hanya tersedia satu toilet untuk tiap 81 jemaah.

1 komentar untuk “Persiapan Menjelang Puncak Haji 2023”

  1. Ma Syaa Allah…. semoga semua jamaah yang sedang melaksanakan ibadah haji dimudahkan dan dilancarkan segala sesuatunya dan pulang ke rumah masing masing dengan predikat haji mabrur

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Konsultasi langsung
Konsultasi Langsung
Assalaamu'alaikum
Terimakasih telah Mengunjungi qifaya.id
SIlahkan Konsultasikan Rencana Perjalanan Anda Kepada Kami