Persiapan Umroh Dari Awal Sampai Akhir Secara Rinci Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Persiapan Umroh Dari Awal Sampai Akhir Secara Rinci Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Persiapan Umroh Dari Awal Sampai Akhir Secara Rinci Yang Tidak Boleh Terlewatkan – Sahabat, dalam artikel kali ini kami ingin menceritakan kepada sahabat persiapan standar apasaja Ketika sahabat akan berangkat menunaikan ibadah umroh atau haji.

Berbicara umroh nih sahabat, perlu sahabat ketahui bahwa umroh atau haji hampir keseluruhan rangkaian ibadahnya adalah ibadah fisik yang artinya bahwa sahabat memerlukan fisik yag bagus dan prima untuk dapat menjalankan rangkaian ibadah yang terdapat dalam ibadah umroh atau haji.

Olehkarena nya ada beberapa persiapan umroh dari awal sampai akhir secara rinci yang tidak boleh terlewatkan. Persiapan nya adalah sebagai berikut

Persiapan Fisik

Pada awal paragraph tadi kami sudah sedikit menyampaikan bahwa Sebagian besar rangkaian ibadah yang ada dalam rangkaian ibadah umroh adalah ibadah fisik, sehingga persiapan fisik sangatlah perlu untuk menunjang kelancaran dalam menjalankannya. Beberapa jenis olahraga kecil dapat sahabat lakukan secara mandiri baik di rumah ataupun tempat olahraga.

Persiapan mental

Selain persiapan fisik, persiapan lain yang tak kalah penting adlah persipan mental. Rangkaian ibadah umroh atau haji bukanlah rangkaian biasa, sekilas terlihat tidak terlalu berat karena hanya mengitari ka’bah, kemudian melakukan sa’I antara bukit shofa dan Marwah, berakhir dengan tahallul. Namun nyatanya mental sangatlah berperan mengingat lokasi thowaf dan sa’I berisi jutaan ummat muslim yang melakukan hal yang sama.

Persiapan lainnya

Walaupun perjalanan umroh memakan waktu 9 hari bukan berarti sahabat harus membawa banyak pakaian atau barang lain yang kurang perlu. Sahabat tetap harus mengatur sedemikian rupa barang bawaan yang akan masuk koper menuju tanah suci Makkah & madinah. Mulai dari sesuaikan jumlah baju, makanan yang sifatnya pelengkap saja jugal ha-hal lain nya yang menyangkut dengan kebutuhan pribadi. Untuk dapat menyesuaikan barang yang harus bawaan maka sahabat harus membaca terlebih dahulu gambaran itinerary atau rencana perjalanan nya.

Proses keberangkatan

Ini adalah hari yang penting yaitu hari karena sahabat akan terbang menuju Saudi Arabia. Persiapan akhir menjelang keberangkatan biasanya aka nada tim dari travel penyelenggara perjalanan ibadah umroh atau sebutan lainnya adalah PPIU yang membentu melaksanakan proses menjelang keberangkatan sampai sahabat masuk ke area gate keberangkatan. Berbeda dengan Indonesia, Saat sahabat tiba di Bandara Saudi maka sahabat harus mempersiapkan tenaga untuk mengambil koper masing-masing. Kemudian sahabat menuju keluar bandara dan akan bertemu dengan local guide atau muthowif. Setelah bertemu dengan muthowif barulah sahabat dapatt merasa lega karena segala sesuatunya akan dibantu oleh muthowif atau local guide. Untuk selanjutnya sahabat akan diantar menuju salahsatu kota terlebih dahulu ( Kota Makkah atau Madinah ) tergantung ari program travel penyelenggara.

Kegiatan di haromain

Selama sahabat berada di haromain atau dua tanah suci sahabat dapat memanfa’atkan waktu dengan memperbanyak melakukan ibadah atau hal-hal lain yang bermanfa’at. Ketika sahabat berada di Makkah atau Madinah akan ada satu hari untuk melaksanakan kegiatan city tour ke beberapa tempat yang memiliki nilai sejarah bahkan memiliki keutaman-keutamaan tertentu. Dan itu semua aka ada penjelasannya dari local guide atau muthowif.

Rangkaian ibadah umroh

Rangkaian ini merupakan kegiata inti dari seluruh perjalanan yang sahabat lakukan. Dan tujuan utama dari perjalanan sahabat ke haromain adalah untuk menjalankan rangkaian ibadah ini.

Jika sahabat akan memasuki kota Makkah untuk melaksanaan umroh maka sahabat akan singgah terlebih dahuu ke tempat pengambilan miqot atau niat untuk berihrom. Ada beberapa tampat miqot yang sudah di tetapkan sejak zaman baginda nabi Muhammad Shollallohu’alaihi wasallam yang akan dijelaskan dalam artikel berikutnya. Setelah sahabat berniat ihrom di lokasi miqat maka sahabat telah siap untuk melaksanakan rangkaian ibadah umroh seanjutnya yaitu Thawaf, sa’I hingga tahallul. Selesai sudah rangkaian perjalanan umroh sahabat dari awal hingga akhir. Semoga artikel ini bermanfa’at untuk sahabat yang akan berangkat menunaikan ibadah umroh

1 komentar untuk “Persiapan Umroh Dari Awal Sampai Akhir Secara Rinci Yang Tidak Boleh Terlewatkan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Konsultasi langsung
Konsultasi Langsung
Assalaamu'alaikum
Terimakasih telah Mengunjungi qifaya.id
SIlahkan Konsultasikan Rencana Perjalanan Anda Kepada Kami