TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA MADINAH YANG HARUS DIKUNJUNGI

Seperti halnya halnya Kota Mekkah, setiap tahunnya kota Madinah dikunjungi jutaan umat muslim di seluruh dunia tidak terkecuali jama’ah umroh Qifaya. Dari sekian banyak keistimewaan yang ada di kota ini, terdapat berbagai tempat bersejarah di kota madinah yang harus dikunjungi para jama’ah umroh ataupun sekadar berlibur.

Dalam setiap perjalanan umrohnya, Qifaya selalu mengajak seluruh jama’ah untuk dapat berziarah atau berkunjung ke beberapa tempat bersejarah di kota Madinah . Berikut adalah beberapa tempat bersejarah di kota madinah yang dikunjungi

  1. Masjid Nabawi

MASJID NABAWI.pngMasjid Nabawi menjadi salah satu ikon yang dimiliki Kota Madinah. Selain tampak megah dan indah, masjid ini menjadi situs besejarah agama Islam kedua yang paling sering dikunjungi setelah Masjidil Haram di kota Makkah. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim mengunjungi masjid Nabawi, baik ketika sedang melakukan umrah, haji, ataupun perjalanan lainnya. Menurut salah satu hadits, keutamaan yang dimiliki Masjid Nabawi adalah satu kali sholat di Masjid Nabawi, maka pahalanya lebih besar seribu kali lipat daripada sholat di masjid lain, kecuali di Masjidil Haram. Atas dasar inilah masjid Nabawi menjadi salahsatu tempat bersejarah di kota madinah yang harus dikunjungi.

2. Museum Almadinah

MUSEUM MADINAH.jpgtempat bersejarah di kota madinah yang harus dikunjungi berikutnya adalah Museum Al-Madinah. Dalam sejarahnya, tempat ini diketahui sebagai museum pertama yang didirikan di kota Madinah. Untuk lokasinya sendiri, terletak di King Abdul Road, Madinah Knowledge Economic City. Dalam pembangunannya, situs ini digunakan untuk menggambarkan sejarah Islam sekaligus menyimpan berbagai koleksi arkeologi serta gambar kota yang langka. Tercatat setidaknya ada sekitar 2.000 artefak yang menggambarkan warisan Islam di museum ini. Kemudian untuk jam bukanya sendiri, Museum Madinah buka setiap hari Sabtu hingga Kamis pukul 11 pagi sampai jam 7 malam.

3. Masjid Quba

MASJID QUBA.jpgsama seperti masjid Naawi, Masjid Quba juga menjadi salahsatu tempat bersejarah di kota madinah yang harus dikunjungi. Masjid Quba berada di desa Quba, sekitar 6 km dari Madinah. Nabi Muhammad diketahui mengunjungi masjid ini ketika baru saja hijrah dari Makkah. Konon, beliau menghabiskan waktu beberapa hari disana sembari menunggu Ali (menantunya) tiba di Madinah. Masjid Quba merupakan masjid terbesar kedua di Madinah setelah Masjid Nabawi. Sama halnya dengan Masjid Nabawi, sepanjang tahun Masjid Quba juga cukup banyak dikunjungi umat muslim dari belahan dunia.

4. Pemakaman Baqi

Baqi.jpgTaman surga atau Jannat al Baqi merupakan tempat peristirahatan bagi berbagai ulama, sahabat serta keluarga Nabi Saw. Diyakini, saat itu Nabi Muhammad memiliki sendiri tempat ini untuk dijadikan sebagai makam. Adapun Al-Baqi sendiri adalah orang pertama yang dimakamkan di sini. Dia meninggal tak lama setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Biasanya, situs ini akan dibuka setelah shalat subuh dan Ashar. Sementara cara terbaik untuk memasukinya adalah melalui gerbang no.1 di Masjid Nabawi.
sumber https://sains.sindonews.com/read/918743/766/5-situs-bersejarah-di-madinah-yang-layak-dikunjungi-dari-masjid-nabawi-hingga-taman-surga-1666332654?showpage=all

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Konsultasi langsung
Konsultasi Langsung
Assalaamu'alaikum
Terimakasih telah Mengunjungi qifaya.id
SIlahkan Konsultasikan Rencana Perjalanan Anda Kepada Kami