KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Kategori : Umroh, Islamic, Ditulis pada : 10 Mei 2024, 13:41:44

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa (saum)

puasa Ramadhan hukumnya Wajib bagi setiap Muslim yang beriman, kecuali ia mengalami halangan untuk melakukannya, seperti sakit, sedang melakukan perjalanan (musafir, hamil, menyusui, diabetes, atau sedang mengalami menstruasi, Selama puasa dari terbit fajar sampai terbenam nya matahari umat muslim di haruskan untuk menahan nafsu makan, minum dan berhubungan suami istri,

Tidak hanya itu umat muslim di perintah kan utuk menghindari perbuatan dosa seperti seperti menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong dan lain lain,

Dan di perintahkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan karena Allah akan melipat gandakan pahala bagi siapapun yang melakukan amalan amalan di bulan puasa, berikut merupakan amalan amalan yang paling di anjurkan di bulan Ramadhan,

  1. Mendirikan shalat tarawih

Para ulama sepakat bahwa shalat tarawih dapat menghapuskan dosa di masa lalu, hal ini di sebutkan dalam hadist, “Barangsiapa yang melakukan ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau" (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya),

Shalat tarawih di lakukan setelah shalat isya dan sebelum shalat subuh, meskipun shalat tarawih bisa dilakukan sendiri di rumah, namun shalat tarawih paling utama di anjurkan untuk dilakukan secara berjamaah di masjid.

 

  1. MEMBACA AL-QUR’AN

Membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan mampu mendatangkan begitu banyak keberkahan dari Allah SWT, berbagai macam keutamaan yang bisa diperoleh bagi siapa saja yang rutin membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan. diantaranya

  • Mendapatkan pahala
  • Di angkat derajat oleh allah SWT
  • Memperoleh ketenangan
  • Dimudahkan untuk menghadap allah swt di hari kiamat
  • Di hadiri malaikat dan
  • Di tempatkan di tempat terbaik

 

  1. Memperbanyak sedekah

Memperbanyak sedekah di bulan puasa atau ramadhan merupakan anjuran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Jadi, bukan hanya diwajibkan untuk berpuasa saja. Namun, pada bulan penuh ampunan ini, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik seperti dengan memberi sedekah

Sedekah bukan hanya bisa berwujud uang saja. Namun, sedekah juga bisa berbentuk benda/barang, makanan, minuman, pakaian, tenaga, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Nabi SAW bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadhan." (HR Tirmidzi, dari Abu Hurairah)

 

  1. I’tikaf di Masjid

I'tikaf bisa dilakukan kapan saja dan hukumnya sunah bagi seluruh umat islam. I'tikaf harus dilakukan di masjid dan lebih utama dilakukan pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, sebagaimana yang telah dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, "Rasul SAW dahulu setiap bulan puasa beri'tikaf selama sepuluh hari, dan pada tahun di mana beliau meninggal, beliau beri'tikaf di bulan Ramadhan selama dua puluh hari." (HR Bukhari & Abu Daud)

Tata cara i’tikaf bisa kamu ketahui dari adab saat mengerjakan i’tikaf berikut:

  1. Berdoa.
  2. Membaca dzikir.
  3. Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  4. Membaca Al Quran ataupun Hadis.
  5. Jangan menyibukkan diri dengan perkataan dan perbuatan tidak bermanfaat.
  6. Mengharap ridho dari Allah disertai niat yang bersih.
  7. Sedikit makan, minum, dan tidur agar lebih khusyu’.
  8. Menjaga kebersihan dan kesucian diri serta tempat iktikaf.

Selain tata cara, ada rukun I’tikaf yang perlu anda ketahui sebagai syarat mutlak untuk melaksanakan I’tikaf

  1. Niat
  2. Berdiam diri dimasjid sekurang kurangnya selama tuma’ninah shalat
  3. Masjid
  4. Orang yang beriktikaf

 

  1. Qiyamul Lail

Qiyamul lail atau ibadah malam dilakukan ketika malam hari seperti sholat Tahajud, tadarus Al-Qur'an, berdizikir, hingga berdoa. Sesuai hadits riwayat Ibnu Abbas, Rasul SAW berkata: "Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT." (HR Bukhari & Muslim)

 

 

 

  1. Memperbanyak dzikir

 

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa yang bertasbih kepada Allah sebanyak 33 kali, bertahmid kepada Allah sebanyak 33 kali, dan bertakbir kepada Allah sebanyak 33 kali; maka semuanya berjumlah 99."


Lalu beliau berkata lagi, "Dan ke-100 nya mengucapkan, "Laa ilaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu, lahu al-mulku wa lahu al- hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir (Tiada sesembahan melainkan Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian; dan Dia adalah Dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu)", maka diampuni kesalahan-kesalahannya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan." (HR Muslim, Abu Dawud & Ahmad)

 

  1. Bersilaturahmi

Bersilaturahmi sangat di anjurkan di bulan Ramadhan silaturahmi merupakan jalan untuk memenuhi kebutuhan kita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Apalagi saat bulan Ramadan, silaturahmi tak hanya jadi cara untuk memperkuat hubungan kita dengan sesama tetapi juga mendatangkan kebaikan bagi banyak orang, termasuk diri kita sendiri.

aktivitas-aktivitas silaturahim yang membawa kebaikan pada saat bulan Ramadan yang harus kita perhatikan saat bulan Ramadan, buka bersama atau yang sering disingkat Bukber seringkali kita lakukan. Kegiatan ini tak hanya sekedar kumpul makan bersama, tetapi juga sebagai momen untuk menyambung tali silaturahim yang telah lama terputus dari teman lama atau saudara jauh.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id